Sabtu, 18 Januari 2014

Pegadaian Part 9 I Kredit Pegadaian



Mengenal Produk Kredit Dari Perum Pegadaian


Selain gadai konvensional, Perum Pegadaian juga memberikan kredit bagi para pengusaha UKM.  Ada beberapa produk kredit yang ditawarkan Perum Pegadaian.  Semua produk kredit tersebut untuk menunjang para pengusaha Kecil dan Mikro dalam mengatasi masalah modal.
Berikut ini produk kredit Perum Pegadaian buat Anda yang membutuhkan modal dan dana usaha:
  • Kredit Angsuran Fidusia (KREASI).  Nilai pinjaman bisa sampai Rp 100 juta.  Syaratnya harus punya usaha minimal sudah berjalan setahun.  Tempo pengajuan 3-4 hari dengan agunan motor atau mobil.  Angsuran pinjaman mulai dari 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, ataupun 36 bulan.  Sewa modal (bunga) pun relatif murah, hanya 0,9% per bulan flat atau 11,8% per tahun.  Pelunasan kredit dilakukan dengan cara mengangsur setiap bulan dengan jumlah angsuran tetap.  Pelunasan sekaligus dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan pemberian diskon sewa modal.
  • Kredit Usaha Rumah Tangga (KRISTA).  KRISTA merupakan kredit yang ditujukan kepada para pengusaha sangat mikro yang tergabung dalam suatu kelompok/asosiasi dengan jaminan pokok sistem tanggung renteng diantara anggota kelompok tersebut.  KRISTA memberikan pinjaman tanpa agunan.  Besar pinjaman pun sangat mikro, hanya Rp 1 juta dengan bunga 1% flat per bulan.  Calon nasabah merupakan pengusaha sangat mikro, tergabung dalam suatu kelompok, usaha telah berjalan minimal 6 bulan, jumlah minimal anggota kelompok sebanyak 5 orang, dan nasabahnya harus ibu-ibu.  Jangka waktu pinjaman ditetapkan selama 12 bulan dan dapat dilunasi sewaktu-waktu.  Kalau usahanya berkembang, nilai pinjaman bisa dinaikkan hingga Rp 3 juta.
Selain ketiga jenis produk kredit di atas, Perum Pegadaian juga mempunyai Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).  Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil.  Bentuk bantuan PKBL antara lain pinjaman hingga Rp 30 juta, juga mengikutkan para pengusaha binaan itu ke kursus dan pameran.
A.    Produk
1.         KCA (Kredit Cepat Aman)
Kredit KCA adalah pinjaman berdasarkan hukum gadai dengan prosedur pelayanan yang mudah, aman dan cepat. Dengan usaha ini, Pemerintah melindungi rakyat kecil yang tidak memiliki akses kedalam perbankan.
Dengan demikian, kalangan tersebut terhindar dari praktek pemberian uang pinjaman yang tidak wajar. Pemberian kredit jangka pendek dengan pemberian pinjaman mulai dari Rp. 20.000,- sampai dengan Rp. 200.000.000,-. Jaminannya berupa benda bergerak, baik berupa barang perhiasan emas dan berlian, elektronik, kendaraan maupun alat rumah tangga lainnya. Jangka waktu kredit maksimum 4 bulan atau 120 hari dan dapat diperpanjang dengan cara hanya membayar sewa modal dan biaya administrasinya saja.

2.         Kreasi (Kredit Angsuran Fidusia)
Membantu mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengan (UMKM) serta menyejahterakan masyarakat merupakan suatu misi yang diemban Pegadaian sebagai sebuah BUMN.
Pegadaian selalu berusaha membantu perkembangan usaha produktif, terutama bagi Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah melalui pemberian berbagai fasilitas kredit yang cepat, mudah dan murah. Salah satu bentuk fasilitas pinjaman yang dapat diperoleh para pengusaha UMKM adalah kredit KREASI.
KREASI adalah kredit dengan sistem FIDUSIA, yang diberikan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan usahanya.
·         Prosedur pengajuannya sederhana, mudah dan cepat.
·          Dalam tempo 3 hari kredit sudah bisa cair.
·         KREASI dapat diperoleh di kantor cabang diseluruh Indonesia.
·         Jangka waktu pinjaman fleksibel, mulai dari 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, atau pun 36 bulan.
·         Sewa Modal (bunga pinjaman) relatif murah, hanya 0.9% per bulan, flat.
·          Agunan BPKB kendaraan bermotor (mobil plat kuning / hitam, serta sepeda motor)
  sehingga kendaraan dapat tetap dipergunakan untuk mendukung operasional usaha.
·         Pelunasan kredit dilakukan dengan angsuran tetap setiap bulan.
·         Pelunasan sekaligus dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan pemberian diskon untuk sewa modal.

3.        Kredit Angsuran Sistem Gadai (KRASIDA)
KRASIDA merupakan pemberian pinjaman kepada para pengusaha Mikro dan Kecil (dalam rangka pengembangan usaha) atas dasar gadai dengan pengembalian pinjaman dilakukan melalui mekanisme angsuran.
Keungulan :
·         Proses mudah dan pengajuan kredit Anda sudah bisa cair dalam waktu yang relatif cepat.
·         Fleksibel dalam menentukan jangka waktu pinjaman, mulai dari 12 bulan, 24 bulan, ataupun 36 bulan.
·         Sewa modal yang relatif murah hanya 0.9% per bulan Flat atau 11.8% per tahun *)
·         Agunan perhiasan hanya emas
·         Pinjaman bisa mencapai 95% dari nilai taksiran agunan
·         Pelunasan kredit dilakukan dengan cara mengangsur setiap bulan dengan jumlah angsuran tetap
·         Didukung oleh staf yang berpengalaman serta ramah dan santun dalam memberikan pelayanan
·         Pelunasan sekaligus dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan pemberian diskon sewa modal.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar