Translate

animasi bergerak naruto dan onepiece
Flag Counter
animasi bergerak naruto dan onepiece

Kamis, 22 Agustus 2013

Transfer Oleh Fajar Maulana A


PENGERTIAN TRANSFER

Adalah suatu kegiatan jasa bank untuk memindahkan sejumlah dana tertentu sesuai dengan perintah si pemberi amanat yang ditujukan untuk keuntungan seseorang yang ditunjuk sebagai penerima transfer. Baik transfer uang keluar atau masuk akan mengakibatkan adanya hubungan antar cabang yang bersifat timbal balik, artinya bila satu cabang mendebet cabang lain mengkredit.

KEUNTUNGAN MELAKUKAN TRANSAKSI TRANSFER:

1.             Menghemat waktu
2.             Lebih aman
3.             Tidak perlu modal
4.             Tidak ada biaya menerima
5.             Dana langsung tersedia
6.             Relatif mudah
7.             Jarang ada transaksi palsu
8.             Tidak ada biaya membayar (kecuali transfer beda bank / beda kota)
9.             Kelancaran transaksi perdagangan
10.         Kemudahan transaksi pembayaran
11.         Keamanan nasabah lebih terjamin
TRANSFER KELUAR
Adalah salah satu jenis pengiriman uang yang dapat menyederhanakan lalu lintas pembayaran adalah dengan pengiriman uang keluar (transfer keluar). Media untuk melakukan transfer ini adalah secara tertulis (mail transfer) ataupun melalui kawat (Wire transfer). Pengamanan dalam transfer keluar ini adalah kode rahasia seperti nomor tes dari setiap transfer masuk dan keluar. Apabila terjadi kesalahan dalam nomor tes, pada prinsipnya transfer tersebut harus di tolak.
Keuntungan bagi bank yang melaksanakan transfer keluar adalah sebagai sarana untuk menciptakan pendapatan dalam bentuk komisi, peningkatan pelayanan pada para nasabah, peningkatan pangsa pasar bank, dan segi promosi lainnya.
Pengirima uang dilakukan oleh bank dengan cara memerintahkan cabang lain untuk membayar sejumlah uang tertentu kepada beneficiary (orang yang berhak menerima transfer) yang berdomisili di kota tertentu. Dengan demikian terjadi hubungan antar kantor antar cabang pemberi amanat dan pembayar transfer.
TRANSFER MASUK
Dalam hal transfer masuk ditujukan kepada bukan nasabah bank pembayar ,hasil transfer akan ditampung dalam rekening  “Hasil Transfer Yang Dapat Dibayar” .Rekening ini akan tetap outstanding hingga hasil transfer dibayarkan kepada neneficiery.
Selain transfer keluar juga ada transfer masuk , dimana bank menerima amanat dari salah satu cabang untuk membayar sejumlah uang kepada seseorang (beneficiary). Dalam hal ini bank pembayar akan membukukan hasil transfer kepada rekening nasabah beneficiary bila ia memiliki rekening di bank pembayar.
Transfer Keluar
Contoh 1:
Seorang Nasabah Bank Omega Cabang Jakarta Tuan Kadir, hendak mengirim uang dengan kawat kepada seorang rekannya nasabah giro Bank Omega Cabang Bandung sebesar Rp.6.000.000,- Untuk jasa ini Tuan Kadir dikenakan komisi transfer Rp.10.000,- dan ongkos kawat sebesar Rp.15.000,-. Pembayaran dilakukan dengan menarik selembaran cek giro termasuk seluruh biaya dan komisi. Pada saat menerima amanat ini, Bank Omega-Jakarta akan membukukan :
D : Giro – Rekening Tuan Kadir……………………..Rp.6.000.000,-
K : Pendapatan komisi transfer………………………Rp.     10.000,-
K : Pendapatan ongkos kawat………………………Rp.     15.000,-
K ; RAK – Cabang Bandung…………………………Rp.6.000.000,-
Contoh 2:
Apabila Tn. Laksono hendak mengirim uang secara tertulis kepada seorang rekannya di Surabaya sebesar Rp.20.000.000,-.Komisi dikenakan sebesar Rp.10.000,-.Pembayaran dilakukan dengan tunai sebesar Rp.10.000.000, Cek Bank BCA – Jakarta sebesar Rp.5.000.000,-, dan atas beban rekening tabungan Bank Omega – Jakarta, sisanya Bank Omega – Cabang Jakarta akan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
Dalam hal penyetoran dengan warkat campuran termasuk warkat kliring akan di tampung seluruh setoran non kliring dalam rekening hutang lainnya. Kemudian rekening hutang lainnya harus segera dinihilkan sewaktu kliring tersebut dinyatakan berhasil.Ayat jurnal untuk mencatat transaksi tersebut adalah sebagai berikut:
D: Kas………………………………………………Rp.  10.000.000,-
D: Tabungan – Rekening Tn.L………………..……..Rp.    5.010.000,-
D: BI – Giro…………………………………………Rp.    5.000.000,-
K: Hutang Lainnya………………………………….Rp. 20.000.000,-
K: Pendapatan Komisi Transfer…………………….Rp.        10.000,-
Bila kliring dinyatakan berhasil
D : Hutang lainnya………………………………….Rp.  20.000.000,-
K : RAK – Cabang Surabaya………………………  Rp. 20.000.000,-

Transfer Masuk
Contoh 1:
Bank Omega _ Cabang Bandung menerima transfer masuk dari Bank Omega _ Cabang Jakarta sebesar Rp.6.000.000,- untuk keuntungan rekening giro nasabahnya Tn.Rahmat, pada saat menerima transfer masuk ini, Bank Omega – bandung membukukan sebagai berikut:
D : RAK- Cabang Jakarta………………………..Rp.   6.000.000,-
K : Giro – Rekening Tn.Rahmat……………………Rp.   6.000.000,-
Contoh 2:
Bank Omega – Jakarta menerima transfer masuk dari Bank Omega – Cabang Surabaya untuk seseorang yang bukan nasabah Banh Omega Jakarta sebesar Rp.2.500.000,-. Pada saat menerima transfer masuk,oleh Bank Omega – Jakarta dibukukan sebagai berikut:
D : RAK- Cabang Surabaya…………………….Rp.  2.500.000,-
K : Hasil Transfer Yg.Dpt Dibayar……………….Rp.  2.500.000,-
Pada saat orang yang berhak menerima transfer datang hendak mencairkan transfer secara tunai, oleh bank omega –cabang Jakarta akan dibukukan sbb :
D : Hasil transfer yg dapat di bayar ………….Rp.  2.500.000,-
K : Kas …………………………………………..Rp. 2.500.000,-
Transfer masuk dikenakan lagi komisi sebab kepada nasabah si pemberi amanat telah di bebankan komisi pada saat memberikan amanat transfer. Keuntungan yang diharapkan adalah dari lamanyqa dana mengendap yaitu: selisih waktu antara penerima perintah untuk membayar hingga hasil transfer di bayarkan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar