Translate

animasi bergerak naruto dan onepiece
Flag Counter
animasi bergerak naruto dan onepiece

Kamis, 22 Agustus 2013

Bank Card oleh Fajar Maulana


Bank card merupakan "kartu plastik" yang dikeluarkan oleh bank yang diberikan kepada nasabahnya untuk dapat dipergu-nakan sebagai alat pembayaran di tempat-tempat tertentu seperti supermarket, pasar swalayan, hotel, restoran, tempat hiburan, dan tempat lainnya. Di samping itu, dengan kartu ini juga dapat diuangkan (mengambil uang tunai) di berbagai tempat seperti di ATM (Automated Teller Machine). ATM biasanya tersebar di berbagai tempat yang strategis seperti di pusat perbelanjaan, hiburan, dan perkantoran.

Adapun jenis-jenis atau macam-macam kartu plastik yaitu : 

  1. Kartu ATM
  2. Kartu Kredit
  3. Kartu Debit
  4. Charge Card

Dalam system kerja bank card terlihat ada 3 pihak yang terlibat dalam prosesnya, yaitu:
1. Bank sebagai penerbit dan pembayar
2. Pedagang / merchant, sebagai tempat belanja
3. Pemegang kartu / card holder, sebagai yang berhak melakukan transaksi.
Setiap jenis bank card memiliki keunggulan dan kekurangan.
·             Charge card, suatu system dimana pemegang kartu harus melunasi semua penagihan yang terjadi atas dirinya sekaligus pada sat jatuh tempo
·             Credit card, suatu system dimana pemegang kartu dapat melunasi penahian yang terjadi atas dirinya secar angsuran pada saat jatuh tempo
·             Debet card, pembayaran atas penagihan nasbaah melalui pendebetan atas rekening yang ada di bank dimana pada saat membuka kartu
·             Smart card, berfungsi sebagai rekening terpadu
·             Private label card, merupakan kartu yang diterbitkan oleh suatu badan usaha (bukan bank) dan penggunaan kartu hanya sebatas pada perusahaan yang mengeluarkan.

Syarat dan Ketentuan Kartu Kredit BRI

1. Cara Pembayaran Kartu Kredit BRI
Pembayaran Kartu Kredit BRI dapat dilakukan melalui beberapa cara yaitu melalui ATM Bank BRI, jaringan ATM BCA Prima, Jaringan ATM Bersama, Autodebet, Tunai dan Phone Banking BRI 24 jam.

2. Pembayaran Minimum
Total tagihan yang ditagihkan kepada Anda, dapat dibayarkan sebesar pembayaran minimum yaitu 10% dari total tagihan atau Rp.50.000,- (tergantung mana yang lebih besar). Selain itu Anda juga dapat melakukan pembayaran penuh atau diatas pembayaran minimum.

3. Bunga
Bunga akan dikenakan jika Anda tidak melakukan pembayaran penuh atas total tagihan yang tercantum dalam lembar tagihan. Bunga tagihan per bulan berdasarkan saldo harian sejak tanggal transaksi dengan suku bunga seperti yang tercantum pada lembar tagihan.

4. Bunga tarik tunai
Bunga penarikan tunai dikenakan sejak tanggal transaksi penarikan tunai dengan suku bunga seperti yang tercantum pada lembar tagihan.

Alasan nasabah terkena Bunga
  • Pembayaran melampaui tanggal jatuh tempo
  • Pembayaran minimum atau tidak penuh
  • Tidak melakukan pembayaran
  • Adanya transaksi penarikan tunai
5. Biaya Keterlambatan Pembayaran Kartu Kredit BRI
Biaya keterlambatan pembayaran dikenakan apabila Anda melakukan pembayaran setelah tanggal jatuh tempo atau jika jumlah pembayaran lebih kecil dari minimum pembayaran yang ditetapkan. Besar biaya keterlambatan adalah 5% dariminimum pembayaran atau Rp.25.000,-

6. Biaya Penggantian Kartu
Apabila Anda mengalami kehilangan kartu atau kerusakan kartu yang disebabkan oleh kesalahan pemegang kartu, maka bank BRI akan menggantikan kartu Anda dengan mengenakan biaya penggantian kartu sebesar Rp.25.000,-
  
7. Kesalahan Transaksi
Bila Anda menemukan transaksi yang bukan merupakan transaksi Anda pada lembar tagihan. Segera ajukan keberatan Anda melalui Call BRI 24 jam atau secara tertulis ke BRI Card Center, Gedung BRI I Lt.1, Jl. Jend. Sudirman Kav. 44-46 Jakarta 10210, selambat-lambatnya 30 hari sejak tanggal transaksi.

8. Kartu Kredit Hilang atau Dicuri
Apabila Kartu Kredit BRI hilang atau dicuri, segera hubungi Call BRI 14017, (021) 500 017 atau (021) 57 987 400 (24 jam). Transaksi yang terjadi sebelum pelaporan Kartu Kredit hilang merupakan tanggung jawab dari pemegang Kartu.

9. Pengiriman Lembar Penagihan
Lembar penagihan akan dikirimkan ke alamat yang diinginkan oleh pemegang Kartu Kredit BRI pada saat pengajuan aplikasi. Lembar penagihan tidak akan dikirimkan apabila tidak ada transaksi pembelian, pembayaran, biaya denda atau tagihan NIHIL.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar